Kegiatan 1.3 dan 1.4 GP Daring Modul D
Kegiatan 1.3. Karakteristik dan Tujuan Mata Pelajaran Matematika
Telah disampaikan bahwa salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah Menggunakan pola sebagai dugaan dalam penyelesaian masalah, dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data yang ada. Menurut Anda, indikator-indikator pencapaian kecakapan ini adalah ….
Jawaban Anda
Menggunakan pola sebagai dugaan dalam penyelesaian masalah, dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data yang ada. Indikatorindikator pencapaian kecakapan ini, meliputi: 1) mengajukan dugaan (conjecture) 2) menarik kesimpulan dari suatu pernyataan 3) memberikan alternatif bagi suatu argumen 4) menemukan pola pada suatu gejala matematis Buku Modul KK-D Halaman 26 | ||||||||||||||||||||
Telah disampaikan bahwa salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah Menggunakan penalaran pada sifat, melakukan manipulasi matematika baik dalam penyederhanaan, maupun menganalisa komponen yang ada dalam pemecahan masalah dalam konteks matematika maupun di luar matematika (kehidupan nyata, ilmu, dan teknologi) yang meliputi kemampuan memahami masalah, membangun model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh termasuk dalam rangka memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari (dunia nyata). Masalah ada yang bersifat rutin maupun yang tidak rutin. Untuk menyelesaikan masalah tidak rutin, tidak cukup bagi siswa untuk meniru cara penyelesaian masalah-masalah yang telah dikenalnya, melainkan ia harus melakukan usaha-usaha tambahan.
Menurut Anda, indikator-indikator pencapaian kecakapan ini adalah … .
Jawaban Anda
Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi: 1) memahami masalah 2) mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah. 3) menyajikan suatu rumusan masalah secara matematis dalam berbagai bentuk 4) memilih pendekatan dan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah 5) menggunakan atau mengembangkan strategi pemecahan masalah 6) menafsirkan hasil jawaban yang diperoleh untuk memecahkan masala 7) menyelesaikan masalah. | ||||||||||||||||||||
You have completed 45% of the lesson
45%
Telah disampaikan bahwa salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah Mengkomunikasikan gagasan, penalaran serta mampu menyusun bukti matematika dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
Menurut Anda, indikator-indikator pencapaian kecakapan ini adalah … .
Jawaban Anda
1) memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan 2) Menduga dan memeriksa kebenaran dugaan (conjecture) 3) memeriksa kesahihan/kebenaran suatu argumen dengan penalaran induksi 4) Menurunkan atau membuktikan rumus dengan penalaran deduksi 5) Menduga dan memeriksa kebenaran dugaan (conjecture) | ||||||||||||||||||||
You have completed 64% of the lesson
64%
Kegiatan 1.4. Desain Pembelajaran Matematika
Pengantar
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini Anda diharapkan dapat:
1. Mengklasifikasikan materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
2. Merancang skema penyajian materi yang mengakomodasi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
3. Menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saitifik dalam pembelajaran untuk suatu topik matematika SMP.
You have completed 0% of the lesson
Pendekatan Saintifik
Sesuai permendikbud Nomor 103 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Dikdasmen, Pelaksanaan pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan merupakan pengorganisasian pengalaman belajar dengan urutan logis meliputi proses pembelajaran:
· mengamati (observing),
· menanya (questioning),
· mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting),
· menalar/mengasosiasi (reasoning/associating);
· mengomunikasikan (communicating).
You have completed 27% of the lesson
Mengamati (Observing)
Deskripsi Kegiatan | Bentuk Hasil Belajar |
Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat. | Perhatian pada waktu mengamati suatu Objek/membaca suatu tulisan/mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibuat tentang yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati. |
You have completed 27% of the lesson
27%
Mengumpulkan Informasi / Mencoba / Experimenting
Deskripsi Kegiatan | Bentuk Hasil Belajar |
Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/ mengembangkan. | Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji/digunakan, kelengkapan informasi, validitas informasi yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. |
You have completed 36% of the lesson
36%
Menalar / Mengasosiasi
Deskripsi Kegiatan | Bentuk Hasil Belajar |
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan | Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua fakta/konsep/teori,menyintesis dan argumentasi serta kesimpulan keterkaitan antarberbagai jenis fakta/konsep/teori/ pendapat; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi, dan kesimpulan yang menunjukkan hubungan fakta/onsep/teori dari dua sumber atau lebih yang tidak bertentangan; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi dan kesimpulan dari konsep/ teori/ yang berbeda dari berbagai jenis sumber. |
You have completed 45% of the lesson
45%
Mengomunikasikan
Deskripsi Kegiatan | Bentuk Hasil Belajar |
Menyajikan laporan dalam bentuk bagan,diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan. | PMenyajikan hasilkajian (dari mengamati sampai menalar) dalam bentuk tulisan, grafis, media elektronik, multi media dan lain-lain. |
Posting Komentar untuk "Kegiatan 1.3 dan 1.4 GP Daring Modul D"